Menghitung hari pemilu 2019

sekarang tanggal 31 Maret 2019, tinggal 17 hari lagi kita akan mengadakan pemilu serentak untuk 5 tingkatan antara lain Pilpres, Pemilu Legislatif tingkat DPR RI, DPRD I, DPRD II dan DPD.

waktu berjalan begitu cepat begitu juga persiapan yang dilakukan oleh partai-partai pengusung capres cawapres untuk event 5 tahunan yang tentunya akan menentukan langkah Indonesia kedepannya.

Lembaga-lembaga survey, partai-partai, lsm dan lembaga independen lainnya semua mempersiapkan ada yg merencanakan quick count maupun real count sehingga kecepatan informasi bisa cepat sampai dan dapat dilihat siapa yang memenangkan kontestasi pemilu kali ini.

teknologi-teknologi pun dipersiapkan oleh para pembuat sistem ini dari SMS, Aplikasi Web, maupun Aplikasi Mobile yang mempermudah pengumpulan data dari tingkat wilayah TPS ke tingkat Pusat, sehingga mempermudah pusat memonitor perkembangan setiap suara yang masuk.

Karena pemilu kali ini melibatkan 20 partai (16 Partai Nasional dan 4 partai lokal Aceh) . Ada perhitungan PT (Parliamentary Treshold) atau Ambang batas Parlemen yang ditetapkan yakni 4 persen khusus untuk tingkat DPR RI. jika partai tidak memenuhi ambang batas tersebut maka suara caleg di partai tersebut tidak dapat diperhitungkan untuk penghitungan peroleh kursi DPR RI, sehingga suara caleg dalam partai tersebut hangus.

Aturan ini sesuai dengan Undang-Undang 7 Tahun 2017 Pasal 414 dan 415 tentang Pemilihan Umum. Berikut ini isi pasal tersebut.

Pasal 414

(1) Partai Politik Peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4%(empat persen) dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR

(2)Seluruh Partai Politik Peserta Pemilu diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/Kota.

Pasal 415

(1) Partai Politik Peserta Pemilu yang tidak memenuhi ambang batas perolehan suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 414 ayat (l) tidak disertakan pada penghitungan perolehan kursi DPR di setiap daerah pemilihan

well .. semoga pemilu 17 April 2019 ini berjalan dengan damai, aman dan semua masyarakat bisa membuat pilihan terbaik untuk masa depan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera. Amin

Rio Yotto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *