Perpanjang Pasport yang akan Expired

Hari ini hari senin siang 13 Oktober 2014, Pukul 10.17, baru saja kembali urus perpanjang pasport dan ada satu catatan penting kalau Anda bukan orang penting alias masyarakat biasa, catatan itu adalah “Tidak ada namanya Pasport satu hari Jadi”.

Saat saya masih jadi karyawan salah satu TV Swasta dan saya perpanjang passport kala itu kalau saya tidak salah ingat memang cuma satu hari karena pakai ID Card PERS dan seragam Superman Media tersebut. Tapi saat ini saya kira memang pelayanan Imigrasi  sudah baik, hanya perlu diperbaiki agar lebih baik lagi agar waktu tunggu pembuatan dan pemanggilan untuk wawancara maupun foto pasportnya bisa dipercepat lagi.

Ok memang gak ada namanya yang instan, tapi kalau bisa lebih cepat dan efektif saya kira akan lebih baik lagi bukan?

Jadi ceritanya pasport saya akan expired 2 desember ini, sedangkan ada panggilan untuk saya visit ke Head Quarter office di Singapore. Jadi jumat lalu 10 Oktober 2014, saya lakukan pendaftaran online. Karena sudah sore, tentunya saya tidak bisa ke Bank BNI untuk bayar, sehingga saya putuskan hari senin pagi saja saya ke Bank BNI untuk bayar.

Dari Bank BNI saya datang pukul 7.00 pagi, dan ternyata Bank buka pukul 08.00, jadi sambil ngisi waktu kosong yah bengong-bengong sambi main COC (Clash of Clan bro) yg baru saja saya upgrade ke townhall 7 hehehe… jadi lagi ngatur wall, barrack,dll …

wkwkwk .. jam 8 saya dapat antrian no. 001 di BNI, mantaps, langsung dilayani dengan cepat oleh seorang mba cantik yang nanya-nanya mas kerja dimana? hehehe … kerja di Media mba … saya jawab gitu aja … agar cepat. Sudah berkeluarga? wkwkwk … saya mesem-mesem .. sudah mba. kalo jawab belom, bisa di tabokin mami yg dirumah nanti .. hahaha … .

selesai dibawah 5 menit bayar perpanjang pasport di BNI, terus dapat form2 yang akan dibawa ke imigrasi.

lalu saya online bentar di Tablet untuk konfirmasi ke website lagi melalui email dari imigrasi untuk konfirmasi tanggal datang ke imigrasinya, setelah saya konfirmasi ternyata saya dapat tgl 16 untuk datang kembali, tapi saya tidak konfirmasi (dodolnya saya ini) … saya putuskan ah kalo gitu ke kantor imigrasi saja mumpung masih pagi, kali aja bisa diproses hari ini.

sampailah saya di Kanim (Kantor Imigrasi) Jakarta Timur samping penjara LP Cipinang. cari parkir dan masuk. didepan pintu masuk seorang petugas nanya mau kemana, mau ngurus perpanjang paspor via online, naik ke lt. 2 katanya .. ruangan 6, lalu disana nampak loket Online,  sudah ada sekitar 4 orang yg ngantri, langsung saya ngantri di nomor 5.

Giliran saya tiba, dokumen2 lengkap saya kasih ke loket, dan mas yg surat konfirmasi tgl datangnya mana? saya bilang, tadi saya konfirmasi tapi dapatnya hari kamis sedangkan besok saya harus berangkat, tolong dibantu lah pak …

Bukan gak bisa dibantu, tapi semua proses ini harus dilalui … kalau online harus ikuti rules online yaitu konfirmasi pembayaran melalui websitenya nanti dapat tanggal datang ke Imigrasi, seperti itu mas. jadi gak ada namanya satu hari jadi passportnya mas.

walao eh .. akhirnya dengan sebal-sebal sendiri gregetan balik kantor …

di kantor konfirmasi tanggal datang lagi ke imigrasi … tanggal 16 nya udah ga bisa lagi, malah makin mundur ada tgl 27, tapi saat pilih tgl 27 ada warning, tanggal 27 sudah full … silahkan pilih tanggal lainnya … walao eh … dapatnya tanggal 28.

sedikit kecewa dengan case gini … sudahlah .. mau gimana lagi .. nunggu tgl 28 oktober datang lagi ke imigrasi.

jadi buat teman-teman yang mau perpanjang pasport …

sebaiknya siapkan waktu jauh-jauh hari untuk perpanjang pasport, jangan tiba-tiba … dan jangan lupa semua persyaratan perpanjang passportnya beserta dokumen asli :

KTP, Kartu Keluarga, Ijasah, Surat Nikah yang sudah Nikah, Pasport yang lama, bawa semua yang asli dan juga fotocopy nya, dan khusus untuk KTP di fotocopynya jangan digunting, tapi di tengah-tengah kertas HVS tanpa digunting kecil ukuran KTP. gak ngerti kenapa gitu.

terima kasih,

selamat beraktifitas..

salam,

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *