Keamanan Data Prioritas Utama

safetyfirstSaat ini Keamanan Data menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar. Semua data yang ada di laptop Anda, desktop Anda, Smartphone Anda merupakan data penting, privasi Anda. Jika di kantor maka data-data perusahaan yang ada di dalam laptop maupun desktop Anda adalah data yang penting.

Bagaimana Anda melakukan proteksi terhadap data-data tersebut? Karena banyak sekali ancaman yang dapat mencuri data-data Anda. Ancaman tersebut antara lain ancaman malicious software (malware) seperti virus, trojan, worm, botnet, ddos dan ancaman(threats) lainnya.

Ada banyak cara yg dilakukan user untuk memproteksi datanya antara lain dengan penggunaan password yang kuat, penggunaan teknology enkripsi, update patch sistem operasi, pasang antivirus dan lain sebagainya, tapi itu semua tidak cukup.

Terkadang keteledoran user sendiri atau ketidaktahuan user terhadap informasi malware, cara bekerja malware dan sebagainya dapat menjerat user untuk mengakses atau mengeksekusi script-script atau kode-kode yang dibuat oleh hacker jahat (cracker) yang kemudian dapat mengendalikan perangkat/device Anda dan memperoleh data-data penting yang dicarinya.

Atau jika tidak menemukan data yg dicari, setidaknya komputer Anda atau device Anda dapat dijadikan botnet untuk melakukan serangan DDOS.

So proteksi seperti apa yang kira-kira dapat ditawarkan oleh sebuah antivirus terhadap ancaman-ancaman ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *