Hati-hati pilih dokter dan tetes obat sakit mata pada anak

hmm mau sharing sedikit tentang masalah sakit mata pada anak kecil. Anak saya Christiano(Tiano)  berumur 1 tahun 3 bulan, terkena sakit mata karena ketularan mamanya. Karena ketularan matanya jadi gatal, sehingga satu malam tanpa sadar dia mencolok matanya sampai ada setetes darah yg keluar dari matanya dan dia kemudian menjerit-jerit dan membangunkan kami yg tertidur malam itu ..

karena kami khawatir ada darah dari matanya tersebut, menunggu siang hari .. kami membawanya ke dokter spesialis mata di salah satu Rumah Sakit Besar di Bogor (kami tinggal di Bogor). Matanya diperiksa dokter dengan senter dan kemudian memberikan resep obat tetes mata.

mulailah penderitaan anak kami, saat obat tetes tersebut ditetes di matanya dia suka menangis menjerit2, tapi karena kami pikir obat tetes tersebut perlu tetap diberikan untuk kebaikan anak kami, kami tetap beri obat tetesnya … tapi kemudian dia tidak mau membuka matanya sama sekali selama seharian ..

hari besoknya … kembali dia tidak mau membuka matanya … dan terus menutup matanya seharian …saya kemudian berpikir ini obat tetes kenapa kalo mau di kasih dia selalu ketakutan dan lari menjauh dan bahkan menangis sejadi2 nya …saya ambil keputusan utk menghentikan obat tetes dari dokter tersebut.

selama empat hari dia tidak membuka matanya, dan juga terlihat agak membengkak kedua matanya ..saya mulai khawatir koq sudah 3 hari dia tidak mau membuka matanya … saya menjadi sangat khawatir, takut sekali kalau anak kami mengalami kebutaan …

Akhirnya … saya membawanya ke dokter spesialis mata RS. Khusus Mata di daerah kuningan dan saya hanya mau dengan dokter mata khusus anak2 …

kami membawa obat tetes yg diberikan dokter sebelumnya dan juga menceritakan kondisi sebelumnya ke dokter mata khusus anak tersebut. Dia kemudian membuka mata Tiano, saya melihat begitu “sangat merah sekali” dia menangis sejadi2nya ..mata yang tertutup itu dibuka paksa oleh dokter sehingga seperti melihat “daging sapi merah yang sedang di-iris dagingnya”

dokter menawarkan utk melakukan pembersihan lapisan kotoran yg membuat matanya menutup dan membengkak ..kami menanyakan resiko apa yg akan terjadi pada mata anak saya, dia mengatakan kemungkinan saat dibersihkan akan berdarah …

karna kami ingin melihat anak kami kembali membuka matanya, kami mengijinkan dokter tersebut utk melakukan pembersihan selaput yang mengotori kelopak matanya ..

kami harus memegang Tiano sekuat tenaga karna dia berontak untuk dipegang matanyagak tega … tapi kami biarkan dokter melakukan proses tersebut … ada darah segar juga dari kelopak atas matanya saat dibersihkan dengan cutton bud … tapi itu harus dilakukan ..

kami kemudian diberikan dua obat tetes dan juga salep … untuk mata kiri berbeda dengan mata kanannya  karena dokter mengatakan mata yg kanan agak sedikit kena di bagian korneanya, sehingga obat tetes pada mata kanan berbeda dengan obat tetes mata kiri.

besoknya .. kami melihat anak kami sudah mau membuka matanya pelan-pelan …  hari besoknya lagi dia kembali membuka matanya .. tapi kadang kita harus dua kali menjaga tangannya yang kadang ingin memegang matanya dan mengucak-ngucak matanya ...

hari ke 3 dia kembali membuka matanya dan kami bersyukur dia kembali sehat dan aktif. Matanya sehat-sehat dan normal kembali.

Yang ingin saya bagikan dari kejadian ini  adalah

1. kita harus PEKA melihat kondisi anak kita … apakah saat ditetes dia sangat kesakitan/ketakutan? kadang ini merupakan tanda agar kita berhenti meneteskan obat mata tersebut.

2. jangan terlalu mempercayai dokter juga .. pastikan utk tidak hanya ke satu dokter spesialis …

3. Baca betul-betul spesifikasi obat yang diberikan oleh dokter (jangan asal) memberikan obat tanpa tahu itu obat untuk sakit apa …

semoga catatan ini berguna buat semua orang tua dan kita semua …

bless you all …

~Rio Yotto

4 thoughts on “Hati-hati pilih dokter dan tetes obat sakit mata pada anak

  1. seandainya saya tau obat merk apa yg menyebabkan mata tiano semakin membengkak, pasti saya bisa mencegah atau menolak bila dokter anak saya memberikan obat yang sama. sebab nanti siang saya akan ke dokter mengobati mata anak saya, matanya merah tp tidak seluruhnya, hanya pada bagian tertentu aza (di bagian kiri bola mata). saya menduga tercolok sesuatu, sebab ada bentuk seperti tergores. terima kasih atas sharing infonya Mas..

    1. iya mas .. kita sebagai orang tua kadang gak tau apa2 .. berdoa dan berserah saja ..
      saya percaya sakit mata anaknya sudah sembuh. amin.

      -rio

  2. mbak,nama tetes matanya apa yaa..kebetulan anakku juga lagi sakit mata, mau ke dokter mata untuk jaga-jaga sapa tau obat tetes matanya yg diberikan dokter mata nya nanti sama..terimakasih

    widia

  3. Halo Pak,

    Saya kebetulan sedang browsing dan saya menemukan blog Bapak. Anaks aya 2 tahun semalam tubrukan dengan anak lain dan matanya berdarah. Pagi ini matanya berair. Saya khawatir, saya mau ke dokter mata. Bisa Bapak share nama dokter mata tersebut? Di Kuningan. Jika Bapak masih ingat jam kunjungan dokter tersebut, maklum, saya saat ini di kantor.

    GBU
    Thanks
    AS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *