Membangun Blog untuk Komunitas GRATIS!

saya baru saja menyelesaikan sebuah e-book membangun blog/website komunitas gratis dengan format .pdf yang dapat Anda download secara gratis di blog personal saya di http://www.rio.uniwaly.com/

ebook ini berisi panduan membangun blogs dari awal sampai akhir, dengan gambar-gambar proses pembuatan blogsnya dengan menggunakan wordpress multi user. Ebook ini gratis !!!

semoga ebook ini dapat berguna untuk Anda/Organisasi Anda.

selamat membaca dan selamat mencoba.

salam,

Prioritus Yotto Putera Uniwaly[Rio]

berikut sedikit sinopsis nya :

I. WEBSITE DAN BLOG

Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah nama domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian (diary), media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

A. KENAPA GRATIS?

Judul buku ini : Blog Gratis untuk Anda, Gratis karena Anda dapat memperoleh Aplikasi untuk Blogs Anda secara Gratis, baik melalui Buku ini (CD yang disediakan) maupun melalui Internet (download langsung dari website). Software Blogs ini bersifat Open Source (Sumber Terbuka).

Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

B. DOMAIN DAN WEB HOSTING

1. APA ITU DOMAIN

Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.

Contoh nama domain: www.inilahkita.com , www.google.com, www.yahoo.com, www.metrotvnews.com , dan lain-lain.

Contoh nama Sub Domain: www.rio.inilahkita.com, www.translate.google.com. http://rio.jakartakita.com dan lain sebagainya.

Contoh sub folder : www.inilahkita.com/solusibisnis/ , www.jakartakita.com/bisnis/ , dan lain-lain.

2. APA ITU HOSTING

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya perangkat keras (hardware berupa server) untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, DNS, maupun layanan Internet lainnya.

Server Hosting biasanya terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi yang ditempatkan di Data Center milik ISP (Internet Service Provider) sehingga server tersebut dapat terhubung selama 24 jam dengan semua komputer lainnya diseluruh dunia dalam jaringan Internet.

Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, dedicated server, VPS atau “Virtual Dedicated Server”, dan colocation server.

Shared Hosting menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain. Satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau VPS. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk memasang sistem operasi yang dapat berjalan di atas sistem operasi lain.

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan dan dibawa ke Data Center dan kemudian digunakan untuk Hosting maupun layanan Internet lainnya.

3. MILIKI DOMAIN DAN HOSTING ANDA SENDIRI

Kenapa saya menyarankan Anda agar memiliki domain Anda sendiri ? Banyak Keuntungan dengan memiliki Domain sendiri antara lain:

  • · Anda memiliki Brand Sendiri. Seperti saya memiliki domain www.inilahkita.com yang saya persembahkan bagi komunitas Blog diseluruh Indonesia. Lebih professional tentunya dibandingkan Anda memiliki Blogs yang menebeng di layanan blogs lainnya.
  • · Anda memiliki Email sendiri, seperti rio@inilahkita.com
  • · Peluang bagi Anda untuk meningkatkan Brand Anda dengan memiliki Domain sendiri.

Untuk domain, saat ini harganya agak variasi dari beberapa penyedia layanan Internet dari sekitar Rp. 100 Ribu sampai dengan domain yang berharga jutaan. Bahkan Ada yang menjadikan nama domain sebagai bisnis contohnya, seseorang yang membeli domain dengan nama domain yang ‘cantik’ dengan harga Rp. 150.000,- kemudian sebuah brand/perusahaan besar memerlukan domain tersebut untuk promo ataupun utk perusahaannya maka sang penjual bisa menjual harga domain tersebut dengan harga yang lebih mahal lagi.

Untuk memiliki Domain dan Hosting Anda sendiri, tentu ada harga yang harus dibayar untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah Satu penyedia jasa layanan Domain dan Hosting yang masih memberikan harga normal yaitu www.hostingmantap.com dan www.godblesshosting.com

Yang menjual harga domain sekitar Rp. 150 Ribu untuk satu tahun. Dan Harga Hosting dengan kapasitas 100 Mb dengan harga Rp. 100.000,-/tahunnya.

Jadi dengan biaya minimal Rp. 250.000,- Anda sudah bisa memiliki Domain dan Hosting sendiri. Untuk Websitenya Anda bisa menggunakan buku ini sebagai panduan untuk membuat Website Anda ataupun Blogs Anda untuk Pribadi maupun Komunitas Anda.

Untuk pengaturan, cara membuat email dan lain sebagainya, saya sarankan Anda mencari Jasa Hosting yang menyediakan Control Panel (CPanel) dan juga memiliki Software Management dengan Fantastico yang akan memudahkan Anda melakukan Instalasi Script-Script Website Anda. Seperti Script Blogs, E-Commerce Scripts, Forum Scripts, CMS Scripts (Joomla, PHP Nuke) dan lain-lain.

C. WORDPRESS DAN WORDPRESS MULTIUSER (WPMU)

Kedua aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat website/blogs, baik untuk tujuan website pribadi, blogs sampai portal berita terbesar.

Kelebihan dari WordPress Multiuser adalah banyak orang dapat bergabung di Blogs/Website Anda dan mereka dapat membuat Sub Domain sendiri secara otomatis dengan aplikasi WordPress Multi User ini. Akan dibahas selanjutnya dibagian Konfigurasi WordPress MultiUser.

selengkapnya …  silahkan download ebook membangun blog komunitas disini !!

6 thoughts on “Membangun Blog untuk Komunitas GRATIS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *