Internet ! Not Secure and No Privacy ….

Banyak Hal yang dibahas jika omongin masalah keamanan didunia yang satu ini, yakni dunia maya. Jangankan di dunia maya atau internet, didunia Real alias dunia nyata saja keamanan menjadi faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan … baru-baru ini kita dikejutkan dengan publikasi media bahwa Noordin M. Top ditangkap … yang membuat senang kita semua … padahal dia mungkin saja sedang tersenyum menyaksikan pemberitaan-pemberitaan tersebut tentang dirinya. Polisipun menyatakan bahwa mereka bukanlah orang yang memberikan pernyataan tersebut. Sehingga membuat public/masyarakat kembali bertanya-tanya dan mungkin ada juga yang menjadi takut karena Noordin M. Top ternyata bukan orang yang ditangkap oleh Team Densus 88 Mabes Polri.

Hmmm oke gak usah saling klaim atau menyalahkan tentang kasus tersebut. So let’s see something here … beberapa hari lalu… aku mendengar cerita dari seorang sahabat yang kehilangan dompet di salah satu pasar dan pusat grosir pakaian yg cukup besar di jakarta … saat ingin berbelanja disana (ini cerita di dunia real ya .. bukan dunia maya) . Saat di lift dan mau keluar lift ternyata dompetnya hilang …. dia ingin memeriksa semua orang yang ada di lift tersebut, tapi gak mungkin karena …. rasa gak enaknya terhadap orang-orang disekitarnya tersebut …. akhirnya dia memutuskan untuk menghubungi pihak security pasar tersebut agar dapat melihat siapa pelakunya didalam lift tersebut dan karena kebetulan ada CCTV di lift tersebut.

Dan betapa kagetnya dia karena yang mengambil dompetnya adalah 3 orang cantik yang dia lihat di lift tersebut. Gak bisa dia bayangkan tiga cewek cantik tapi dengan kebiasaan yang buruk … nyolong … hehehe … itu hanya salah satu contoh … sekarang di Internet … !!! Menurut Anda apakah Internet aman ??

Banyak sekali masalah security di Internet …. secanggih apapun aplikasi yang dibuat oleh seorang developer Internet atau Programmer atau Webmaster apapunlah namanya … saat aplikasi tersebut digunakan, ada saja celah yang bisa digunakan untuk hacking … belakangan ini Twitter bahkan Facebook sekalipun kena Hack … Teman saya di kantor yang menggunakan Facebook, pagi hari mengecek inbox nya di Facebook hanya 2 messages yg masuk … di siang hari tiba-tiba Inbox nya sudah penuh dengan 3000 an message yang memenuhi inbox nya …

Spamming, DOS (Denial of Service), Hacking,  Shell Attack, SQL Injection apapun itu selalu menjadi percobaan-percobaan yang dilakukan, karena banyak sekali Tools-Tools yang ada di Internet untuk melakukan hacking tersebut. Bahkan seorang CEH (Certified Ethical Hacker) sekalipun belum tentu … punya solusi keamanan internet untuk Anda … ! Bahkan seseorang yang tidak memiliki background komputerpun dapat menggunakan Tools-Tools tersebut untuk melakukan kejahatan-kejahatan di Internet !

Satu hal yang simple, Saat ini Layanan Email apa yang paling banyak digunakan orang ? Gmail atau Yahoo kan… jadi email Anda @Gmail atau @Yahoo … Apakah Anda yakin email Anda tidak dibaca oleh Teamnya Google? atau Teamnya Yahoo ?? no one knows ….. Search Engine apa yang paling sering kita gunakan ?? Google  kan ? tapi search engine tidak hanya Google …. Ada Yahoo … ada Bing miliknya MSN … dan ada juga search engine lainnya ….  Bahkan sekarang Google pun menggunakan google analitycs dengan menempelkan script-script milik mereka di website kita sendiri agar semua traffic website kita dapat di analisa dan dibaca oleh si google ….

Saat kita blogging, ataupun meletakkan detail data kita di Facebook … bahkan mungkin ada yang meletakkan private foto di Foto Albumnya …. banyak hal yang bisa terjadi …. saat kesalahan human error terjadi … Anda lupa untuk Log Out … dan selesailah …. Terlalu banyak celah di Internet … bahkan HTTPS : http yang secure pun … akan menjadi tidak secure lagi … hmmm so … dunia maya dan dunia real … hampir tidak ada bedanya … semua berbalik kepada kita masing-masing … mau menggunakan teknologi sebagai alat untuk mengembangkan diri, belajar …. untuk kemaslahatan umat atau …. untuk kejahatan …. internet not secure and no privacy … hanya sedikit dari pengamatanku … kalau teman-teman punya opini … please comment and share with me here …

thanks

~Rio Uniwaly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *