KAMI JUGA PUNYA CITA-CITA

kami_juga_punya_cita2Kamis lalu 31 Juli 2009, terpaku menyaksikan KickAndy dengan topik “kami juga punya cita-cita”, gak terasa air mata mengalir karena tayangan tersebut. Masa-Masa yang kelam untuk Ambon.

Kerusuhan Ambon yang membuat Ambon menjadi “Ambon Pahite” … bukan Ambon Manise lagi …  Begitu banyak air mata yang tumpah saat itu … dan biarlah hal tersebut cukup satu kali saja terjadi ….

Sekarang saatnya untuk membangun Ambon kembali .. Ambon yang selalu manise …

Aku mengingat masa-masa kecil disana saat bersekolah di SDN Teladan Air Salobar …. mulai kelas 4 SD disana … sebelumnya datang dari Sekolah Dasar SD Negeri 1 Namlea (Pulau Buru). Kelas 1 sampai kelas 3 SD disana karena ayah seorang pegawai di Pulau Buru. Adikku yang paling kecil (Lanny Suryani Uniwaly) Lahir di Pulau Buru ini. Pulau yang indah …. pulau penghasil minyak kayu putih.

Masa-masa kecil kuhabiskan disana …. banyak hal yang kuingat dan tidak ada yang namanya kerusuhan saat itu …. Setelah pindah ke kota Ambon pun demikian … dan kemudian kami harus pindah lagi ke Makassar (Ujung Pandang) dan aku menyelesaikan Sekolah Dasarku disana … tepatnya di SD Lanto Daeng Pasewang Makassar. Tamat 1990.

Kemudian Ayah mendapat kesempatan untuk pindah bekerja ke Jakarta, sehingga aku memulai pendidikan SMP di Jakarta sampai dengan sekarang ….. SMA di SMA Negeri 31 Jakarta dan menyelesaikan sarjana komputerku di Univ. Gunadarma Depok.

Walau aku jauh dari Ambon tetapi semua kenangan-kenangan masa kecil di Ambon, di Namlea, bahkan di Makassar sekalipun masih terngiang-ngiang dikepala hingga saat ini ….

Saat bekerja aku bertanya pada diriku, apa yang bisa aku berikan untuk Ambon ku ? dengan talenta yang Tuhan kasih di bidang komputer, aku membeli domain Ambon-Manise.Com dan juga membuat Milis (Mailing List Ambon-Manise) untuk berusaha berbagi dengan teman-teman semua. Tapi aku merasa masih banyak yang belum aku kasih buat kota yang terindah itu … belum ada yang bisa aku berikan…

di KickAndy tersebut, ada satu yang aku tangkap dari semua anak-anak tersebut ….. bahwa mereka belum mau kembali ke Ambon … bukan karena mereka trauma akan kerusuhan di Ambon, tetapi karena mereka ingin menjadi orang-orang yang berhasil terlebih dahulu dan kemudian membangun Ambon Manise ….. mari kita dukung anak-anak ini ….. siapapun Anda … doa Anda saja bagi anak-anak korban kerusuhan ini itu sudah lebih dari pemberian apapun yang perlu diberikan …. mari katong dukung Ambon Manise agar Ambon selalu menjadi Ambon Manise.

~Rio Uniwaly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *